Kategori

Google+ Followers

IKLAN

Histats

VISITORS BY COUNTRY

Flag Counter
dianskyfers. Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Lepas Flashdisk Gunakan 'eject' atau 'safely remove'?

Lepas Flashdisk Gunakan 'eject' atau 'safely remove'?

Menu eject atau safely remove disediakan supaya ketika kita melepas perangkat yang terhubung dengan USB, dipastikan proses baca tulis sudah selesai dilakukan.

Jika flashdisk langsung dicabut ketika proses baca tulis sedang berlangsung, ada kemungkinan data tersebut bisa corrupt atau rusak.

Pada perangkat Windows, menu eject bisa diakses pada taskbar di pojok kanan bawah yang biasanya tersembunyi di hidden icons, dengan logo USB dan tanda centang hijau. Menu ini juga bisa diakses pada File Explorer, dan melakukan klik kanan pada drive yang akan di eject.

Setelah proses eject dilakukan, akan diikuti notifikasi safe to remove hardware, yang berarti semua proses baca tulis sudah selesai dan flashdisk atau storage yang terhubung dengan USB port aman untuk dilepaskan.

Pada perangkat sebelum Windows 10, sering ada 2 pilihan eject atau safely remove. Ketika safely remove dipilih, maka perangkat tersebut dilepas dari perangkat Windows, misalkan drive flashdisk kita adalah drive F:, maka drive F: tersebut tidak terbaca lagi di perangkat Windows.

Untuk membacanya kembali USB harus dicabut dan dipasangkan kembali. Opsi safely remove ini dianggap paling aman, semua proses baca tulis sudah selesai dilakukan dan perangkat Windows sudah memutuskan koneksinya dengan perangkat tersebut sehingga aman untuk dilepaskan.

Eject bisa menjadi pilihan jika perangkat USB yang kita pasang adalah multi port, seperti card reader yang memiliki beberapa port untuk membaca beberapa macam drive, seperti SD card, Micro SD, CF card, dan lain-lain.

Kita bisa memilih salah satu port tersebut dilepas dengan aman, misalkan SD card, tanpa mengganggu port yang lain. Ketika kita memilih safely remove perangkat card readernya, otomatis semua port dilepas dari perangkat Windows.

1 komentar: