Kategori

Google+ Followers

IKLAN

Histats

VISITORS BY COUNTRY

Flag Counter
dianskyfers. Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Mengenal Speed Class Rating pada Memory SD Card

Mengenal Speed Class Rating pada Memory SD Card

Speed Class Rating (atau disingkat Speed Class) merupakan standar kecepatan pada SD Card. Saat ini ada kelas kecepatan dibagi menjadi dua segmen, yaitu “Speed Class” dan “Ultra High Speed” atau disingkat UHS. Yang paling banyak diadopsi oleh produsen SD adalah “Speed Class”, sedangkan UHS masih jarang ditemukan serta berharga relatif mahal.
Selain pada SD Card, tanda Speed Class dan UHS juga terdapat pada perangkat yang menggunakan SD tersebut, seperti Camera Digital & Camcorder. Jika anda menemukan tanda Class 4 pada sebuah camera digital, itu artinya harus menggunakan SD Card dengan tipe sama. Jika kita menggunakan tipe SD Card berbeda dengan yang direkomendasikan perangkat, maka akan ada warning (peringatan). Dan ada kemungkinan hasil pengolahan (misal gambar) akan turun kualitasnya. 


“Speed class” dibagi sesuai dengan kecepatan sebagai berikut :

Class Speed 
Class 22 MB/s 
Class 44 MB/s
Class 66 MB/s
Class 10  10 MB/s
UHS-1312 MB/s  

Memahami Detail Class SD Card

Class SD card ditentukan hanya oleh kecepatan tulisnya dan bukan kecepatan bacanya (read speed). Yang dimaksud kecepatan tulis adalah kecepatan sebuah SD card untuk menyimpan data-data saat proses transfer data atau penyimpanan file berlangsung.

SD card class pada awalnya diciptakan atas kebutuhan dari perusahaan kamera dan video digital. Perangkat kamera dan video digital membutuhkan SD card kecepatan tulis tinggi; agar pada saat penyimpanan data dan video (proses recording) dapat berjalan lancar. Bila sebuah video recorder menggunakan SD card yang kecepatan tulisnya dibawah standar dari yang ditentukan, maka pada saat proses recording, video akan terlihat patah-patah, atau bahkan gagal melakukan perekaman.

Class SD card yang umum digunakan adalah SD Card Class 2, SD Card Class 4, SD Card Class 6 dan SD Card Class 10. SD Card Class 2 berarti memiliki kecepatan tulis minimal 2 MB/s (2 MB per detik), SD Card class 4 memiliki kecepatan tulis minimal 4MB/s dan seterusnya.

Sebagai contoh untuk dapat lebih mudah memahami kecepatan tulis, misalnya kita hendak mentransfer file sebesar 100 MB ke SD card, bila Anda menggunakan SD Card Class 4, maka (kurang lebih) waktu yang dibutuhkan untuk proses transfer = 100:4 = 25 second (detik). Kalau menggunakan SD card class 2, maka waktu yang dibutuhkan adalah 100:2 = 50 s (detik) atau dua kali lipatnya.

Sebagai informasi, kecepatan tulis ini juga dipengaruhi oleh media perantara antara SD card dengan perangkat digital yang digunakan. Sebagai contoh, misalnya kita ingin mentransfer file dari komputer ke micro SD class 4 yang berada di handphone Anda menggunakan kabel data, maka kualitas kabel data yang digunakan juga berpengaruh terhadap kecepatan tulisnya. Walaupun SD card memiliki kecepatan tulis tinggi, namun kalau kabel data yang digunakan kualitasnya buruk, maka kecepatan tulisnya bisa saja bahkan kemungkinan besar dibawah 4 MB/s.

Bagaimana mengetahui class SD card ?

Informasi class SD card biasa dituliskan pada kotak penjualan dan juga di badan SD card itu. Informasinya adalah angka di dalam huruf C yang hampir berbentuk seperti lingkaran. Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh gambar lambang SD card class 6 dibawah. Bila SD card class 10, maka angka yang tertera adalah angka 10.

SD card class 2 pada umumnya tidak dituliskan class-nya. Sehingga bila anda tidak menemukan lambang class SD card seperti gambar diatas, maka kemungkinan SD card tersebut adalah SD card class 2 atau kecepatan tulisnya belum ditentukan atau terstandarisasi.

Image

Sebagai informasi, SD card class 2 walau memiliki kecepatan tulis (write speed) kurang cepat, namun bisa saja memiliki kecepatan baca (read speed) yang tinggi, hingga 15 MB/s lebih. Oleh karena itu, banyak pengguna handphone yang sebelumnya menggunakan micro SD class 2 lalu membeli micro SD class 6 tidak terlalu merasakan perbedaan performa handphonenya, karena bisa saja antara SD card class 6 dengan SD card yang memiliki class dibawahnya memiliki kecepatan baca yang tidak terlalu berbeda.

Kecepatan baca berguna saat perangkat digital sedang membaca file atau data-data yang tersimpan di SD card, misalnya saat Anda melihat-lihat gambar yang tersimpan di SD card menggunakan handphone. Bila kecepatan SD card memiliki kecepatan baca rendah, maka pada saat melihat-lihat foto yang tersimpan, proses loading menjadi lebih lama atau lambat.

Pengaruh Speed Class Pada Perangkat

Image

0 komentar:

Posting Komentar